Selasa, 13 November 2018



Nama                : Faisal Ahlan Rizaldi
TTL                    : Mojokerto, 29 Juli 2001
Sekolah             : SMAN 1 PACET
Mapel Favorit   : Fisika
Musik Favorit   : Beethoven Fur Elise
Cita - Cita          : Dosen Fisika
Jenis Kelamin   : Laki - Laki
Hobby               : Membaca, menikmati keindahan alam, bermain piano, dan mendengarkan musik classic dan anime

Pengalaman Mengikuti OSN Fisika Tingkat Kabupaten Mojokerto Dan Provinsi Jawa Timur Tahun 2017/2018
            
           Tahun ini, kembali diadakan ajang yang sangat bergengsi, yaitu Olimpiade Sains Nasional. Tahun ini saya dipercaya sekolah saya untuk mewakili sekolah dalam bidang study Fisika SMA. Sebenarnya saya belum tahu tentang OSN ini, karena dulu waktu tahun 2016 yang di ikutkan hanya kelas xi waktu itu saya masih kelas x, namun sekarang tahun 2017 saya terpilih untuk mewakili sekolah untuk mengikuti OSN fisika.
            Pagi itu, saya datang ke sekolah sangat pagi sekali karena saya tidak ingin terlambat di hari pertama OSN saya. Sampai kira-kira jam 06:30, kami pun berangkat bersama-sama ke SMAN 1 Kutorejo yang merupakan tempat diadakannya OSN menggunakan Mobil yang disediakan sekolah. Sesampainya disana, ada pembukaan khusus  layaknya lomba lainnya. Setelah itu kami langsung diarahkan menuju ruangan lomba masing-masing. Di dalam ruangan, saya masih sempat membaca sedikit buku saya untuk mengingat-ingat sedikit materi. Jujur, saya cukup gugup untuk OSN ini. Karena ini merupakan OSN pertama saya dan saya telah dipilih untuk mewakili sekolah saya dalam ajang bergengsi ini. Ada ketakutan tersendiri jika saya tidak berhasil menjuarai lomba ini. Namun hal itu saya tepis dengan bertawakkal kepada Allah SWT.
            Pengawas pun masuk, setelah berdo’a, lembar jawaban pun dibagikan, dilanjutkan dengan lembar soal. Setelah waktu untuk mengerjakan dimulai. Kubuka lembar soal pertama, kulirik sekilas soal nomor 1. Waaah susah nih soal, pikirku dalam hati. Akupun segera membuka lembar berikutnya sampai tibalah di soal nomor 7, yaitu soal terakhir. Dari ketujuh soal tersebut, hanya soal nomor 7 yang aku bisa jawab. Kembali ku ulangi membaca soal mulai dari nomor 4. Kubaca dalam dalam dan kupahami soal nomor 4, dan Alhamdulillaah aku ingat konsep menjawabnya. Akupun berhasil menjawab soal nomor 4. Waktu terus berjalan, hingga akhirnya waktu pun habis. Aku tidak begitu yakin dapat menjadi juara 1 di OSN Kabupaten ini. Mengingat aku hanya mampu menjawab sedikit soal. Akupun berjalan keluar ruangan dan menuju ke depan kantor utama sekolah. Disana sudah menunggu pembimbing dan semua rekan OSN dari sekolahku. Akhirnya, kami pun kembali ke sekolah. Aku merasa kepala ku sudah sangat pusing menjawab soal yang luar biasa itu, hhahaha .....
            Setelah cukup lama menunggu, sekitar lebih dari satu minggu, tepatnya hari minggu. Pagi itu ketika aku baru bangun tidur kurang lebih sudah 30 menit tiba tiba ada pesan whats app masuk ke hp saya. Betapa senangnya aku, ternyata itu WA dari guru di sekolahku, beliau memberitahu bahwa aku mendapatkan Juara 2 OSN Fisika SMA/MA tingkat kabupaten Mojokerto dan berhak mengikuti OSN tingkat Provinsi Jawa Timur. Sungguh diluar dugaan. Aku tidak mengira bahwa aku akan mendapatkan Juara 2. Hal yang sungguh luar biasa bagiku. Betapa Allah SWT begitu baik kepadaku. Allah memberikan aku sebuah kesempatan yang luar biasa bagiku, terima kasih Ya Allah, terima kasih.
               Kemudian tibalah hari penyerahan piagam penghargaan dan bendel piala juara OSK yang terjadi pada hari rabu kebetulah sekolah kami terpilih sebagai tempat pelaksanaannya jadi saya tidak terlalu gugup karna di sekolah saya sendiri, saya mendapat banyak teman waktu OSK dari bermacam-macam sekolah. Setelah itu saya mendapat pengumuman bahwa ± 1 bulan lagi Olimpiade Sains tingkat provinsi segera dimulai dan saya juga bersiap-siap mengikuti OSP setiap hari saya belajar soal-soal olimpiade fisika dan setiap jam pelajaran saya izin mengikuti bimbel bersana bu trining di perpustakaan untuk membahas soal-soal OSP dan saya dapet pengumuman lagi bahwa saya juga terpilih untuk mengikuti try out OSP di hotel sugeng rawuh sidoarjo.
             Hari demu hari saya lewati sampai tiba akhirnya waktu try out OSP saya pun berangkat ke sidoarjo, dan disana ramai sekali banyak juga siswa siswi yang ikut try out OSP dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur, sayapun langsung masuk setelah registrasi peserta dan mendapat penyuluhan dan dapat uang saku dari dewan pendidikan dan sekolah, kemudian saya pun mengikuti try out tersebut, dan ternyata soalnya susah-susah dan sampai membuat kepala saya beruap-uap dan akhirnya selesai juga, saya juga mendapat teman baru dari kabupaten/kota lain
Setelah itu kami pulang dan mampir makan makan di restoran, waktu di restoran saya bersama teman saya makan bersama-sama di sana, saya memesan nasi sambal tapi yang level paling rendah kepedasannya dan teman saya juga memesan nasi sambel level paling tinggi kepedasannya tapi siapa tau ternyata pesanan kami saling tertukar, saya orangnya gak betah makan makanan pedas dan kalu makan yang terlalu pedas perut saya bisanya terasa mules dan sakit, karna disini ada siswa teman saya dari sekolah lain dengan sangat terpaksa saya makan makanan pedas yang tertukar tersebut, sambil menahan pedasnya level tertinggi, sedangkan teman yang tertukar sama punya saya bilang "ternyata gak pedas ya padahal yang level paling tinggi", didalam hati saya berkata " gimana gak pedas orang pesanannya ketuker sama punya saya yang level pedasnya paling rendah", sebenarnya saya ingin menukarnya kembali tapi ya jaga image lah di depan siswa siswi dari kabupaten/kita lain, akhirnya saya pupang dan dimobil saya hanya terduduk lemas dan tertidur karna perut saya sakit gara-gara makan makanan yang pedas itu tadi.
               Nah sekarang sudah tiba waktunya OSP saya pun berangkat ke Batu (nama kota di malang bukan batu yang di jalan jalan ya ^_^)
Saya berangkat lewat cangar jalannya itu sangat menanjak tapi pemandangannya juga sangat indah, karna yang mengemudikan mobil tersebut Pak Fikri (guru matematika) jadi mengemudinya nyantai dan saya bisa menikmati keindahan alam yang sungguh indah
Sesampainya di sana saya pun masuk ke hotel tempat pelaksanaan OSP di hotel Batu Suki, disana saya kebagian kamar random jadi saya tidak bisa milih siapa saja yang menghuni kamar tersebut biar dapat temen baru, karna satu kamar untuk 3 orang,
Saya pun mencari kamar tersebut dan akhirnya saya masuk dan ternyata saya dapat teman baru yaitu ghani dari kab.Lamongan dan dicksen daru kota.mojokerto karna kebetulan kami semua mapel fisika klop deh jadinya satu kamar, hari ini masih nyantai nyantai karna OSP nya baru dilaksanakan besok, setelah itu kami makan malam bersama, dan dapat sambutan-sambutan dan pengumuman bagaimana proses pelaksanaan OSP besok dan malamnya tidur tapi sudah belajar sebelum tidur dan waktu siang tadi ya...
              Keesokan harinya saya pun mandi dan bersiap-siap mengikuti OSP dan sekitar pukul 07:00 WIB, OSP nya pun di mulai dan saya duduk di bangku tengah, dan tenyata soal-soalnya ada yang mudah dan ada yang susah , kira-kira setelah 3,5 jam mengerjakan dan akhirnya selesai, dan kami bersiap-siap pulang sambil berfoto-foto dan menunggu hasil pengumumannya, Saat pulang mobilnya ternyata dikemudikan oleh pak imam (satpam sekolah kami, beliau terkenal karna kalau mengemudi suka ngebut ngebut), dan saat pulang lewat cangar dan jalannya itu sangat curam menurun karna yang mengemudi pak imam ya pasti ngebut ngebut dan semuanya pada takut disopir pak imam, hingga akhirnya seluruh orang yang ada di mobil mabuk kecuali pak imam, dan akhirnya di saya minta berhenti di pacet karna saya sudah dijemput oleh ayah saya.
Setelah menunggu pengumuman hasil OSP ± 1 minggu dan ternyata sudah keluar dan betapa kecewanya saya ternyata saya tidak lolos hasil OSP padahal tinggal sedikit udah bisa ikut OSN tingkat yang nasional padahal saya pengen sekali ikut OSN supaya bisa mendapat medali emas dan ikut IPhO (International phsich Olimpiade), dan bisa naik pesawat ke aceh saat OSN dan ke portugal saat IPhO, tapi mungkin yang namanya takdir ya udah gak bisa diapa apain ya saya pasrah saja dan menerima semua kenyataan bahwa saya tidak lolos sampai OSN >_< , walau dengan berat hati , tapi gpp lah orang udah takdir orang siapa yang tau kan, kemudian saya pun tetap fokus belajar supaya bisa lolos SNMPTN di Universitas Brawijaya jurusan FISIKA MURNI dan mengejar cita-cita saya jadi dosen Fisika , doa kan ya teman-teman.
            Nah, buat temen2 yang mau mengikuti OSN Fisika SMA/MA. Aku ada ada tips2 biar bisa menang ( Insya Allah ). Berikut tips2 nya :



  • 1.     Perdalam materi tentang analisis dimensi dan mekanika. Karena 2 materi tersebut yang mendominasi soal OSN, terutama mekanika.
  • 2.    Pahami konsep dan rumus, darimana datangnya rumus, dan metode substitusi rumus, serta berbagai rumus lain seperti rumus abc, dan pers.kuadrat. Jangan hanya menghafal rumus tertentu dengan pola tertentu, kamu bakal kesulitan jika soal nya dirubah atau divariasi.
  • 3.    Banyak-banyak berlatih soal untuk menguji pemahaman konsep dan analisismu,
  • 4.    Senantiasa berdo’a sebelum dan sesudah belajar. Minta doa kepada orang tua, guru, dan teman2.
  • 5.    Tetap tenang, namun serius.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TUGAS PKN KELOMPOK 3 XII MIA 5 - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -